Indoensia Tanah Airku

Thursday 21 August 2014

Coretan Kel-30 di awal KKN 2014 Unma Banten "POSDAYA BERBASIS MADRASAH"


Hari ini yang ke 3 kalinya kami menginjakan kaki di kp cipicung dalam rangka kunjungan persiapan tempat kuliah kerja nyata posdaya berbasis madrasah kelompok 30 UNMA BANTEN atau sering disebut dengan KKN, bukan Korupsi, Kolusi dan nepotisme yang suka dilakuan tikus-tikus kantor, tetapi ini adalah KKN, kuliah kerja nyata salah satu agenda akademik yang harus dan wajib diikuti oleh mahasiswa sebagai bentuk pengamalan dari Tri dharma. dan program KKN ini berbeda dengan KKN perguRuan tinggi lainnya karena KKN ini berbasis POSDAYA yang kordinir Oleh LP3M, suatu lembaga yang dipercaya oleh universitas mathla'ul anwar untuk mengelola program KKN BERBASIS POSDAYA MADRASAH. 
kunjungan kali ini kami sedikit berbeda dengan kunjungan-kunjungan yang sebelumnya, kalau kunjungan yang pertama kami hanya survey dan permohonan ijin sekaligus perkenalan dengan kasepuhan warga sEtempat . Terus penentuan tempat tinggal alias " tempat bobo" hehehhe dan Syukur alhamdulillah para kasepuhan atau kokolot kampung cipicung desa karya sari, kecamatam cikedal merespon dengan baik, warganya ramah-ramah, sopan-sopan dah perhatian hehhehe saking perhatiannya untuk tempat yang nantinya kita jadikan tempat tinggal alhamdulillah dapet 2 yaitu majlis ta'lim sama madrasah, kedengarannya mungkin aneh, tapi akan jadi tantangan bagi kami, kalau dipertimbangkan sEcara matang majlis dan madrasah buat nanti tempat tinggal kayaknya ga jadi masalah ambil hikmah dan positifnya sajah. LuAmayan Ga bayar alias geratis terus itung-itung belajar jadi marboot alias penjaga majlis, mengirit biaya LUMAYAN dari pada LUMANYUN gak. Dapet tempat,
Kunjungan kali ini kami membawa persiapan atau logistik yang nantinya buat bekal tinggal untuk satu bulan penuh, bahkan yang lucunya dari anggota kelompok kami ada yang mau bawa tv alasannya sih buat hiburan tapi kalau saya pikir-pikir memang butuh juga hiburan, biar gak terlalu gAlau kalau kata anak alay mah, tapi sorry kelompok 30 bukan anak alay, anggota kelompok 30 yang terdiri dari 8 wanita dan 8 laki-laki semuanya hebat-hebat, tangguh-tangguh, jago-jago, yang diantaranya ada AANG, JUMRONI dari Fakultas Ekonomi, ARIS dari FIKES, LILIS, HERU, RISWANTO, SOFHI, EMA, YENI, WINDA dari FKIP, RIFA dari Fakultas Hukum, RINA Dari FMIPA, ARJAWI dari Fakultas Agama, IPAN dari FIK dan yang terakhir siapa lagi kalau bukan saya sendiri paling ganteng cuco and cool wkwkkwk batu es celeus dinging. Ups kok jadi alay gini ea hehhehhe.
Sebetulnya ada 2 lagi anggota kami yang tercantum di lampiran kelompok 30 yaitu supianto sama satipah, karena merekA pindah yah sudahlah ga apa-apa.. Padahal kalau saya pikir-pikir sebetulnya mereka itu rugi X...

Pagipun kini telah tiba, setelah gelisah. Semalaman yang tidak bisa tidur karena pikiran kacau tentang persiapan pemberangkatan KKN yang akan dilaksanakan hari rabu ini bagaimana mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang khawtir takut ada yang tertinggal, setelah kemarin membawa perlengkapan peralatan, kini tinggal siap pemberangkatan untuk tinggal berbaur dengan masyarakat yang menanti kami dengan berbagai problematika yang ada di kampung yang akan menjadi posko kami nanti. Saya pun bergegas bersiap-siap menuju kampus. Dengan kencang melaju bersama isteri tercinta yang dibonceng sambil memegang erat-erat (maklum ketua kelompok bro takut. Ketinggalan informasi) hehhehhe. Mulai hari ini terasa berat hati ini melangkah tetapi karena ini adalah sebuah prosedur yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa yaaaaah apa boleh, terpaksa untuk sebulan ini harus berpisAh sama isteri,,hmmmm Jadi sedih, beginilah jadi mahasiwa kolot hehehhe alias maskot. Akhirnya kampus UNMA pun terlihat, sudah sampai ke Kampus UNMA. Berhenti. Di parkiran sambil keadaan lingkungan nyari-nyari anggota kelompok kami. Luar biasa hari ini, mahasiswa unma yang mayoritas tidak responship dalam setiap kegiatan. Tetapi kali ini mungkin karena sebuah prosedur akademik universitas. Antusiasme mahasiswa untuk mengikuti KKN begitu tinggi. Apalagi dengan tekanan yang sangat luar biasa mengenai administrasi keuangan, semua tunggakan-tunggakan keuangan harus lunas. salah satu dari beberapa mahasiwa KKN mungkin saja ada orang tuanya yang menjual kebo, motor atau rumah nya buat bayar tunggakan demi anaknya untuk mengikuti KKN salut UNMA luar biasa (beak pakaya kolot kula) sugih UNMA Akhirnya acara pelepasan KKN pun sudah selesai disambuat suara tepuk tangan peserta KKN yang duduk di tenda biru ala undangan hajatan,!! Tinggal. Menunggu jemputan mobil yang akan mengantarkan Kami ketempat lokasi,, dengar-dengat katanya berangkatnya dianterin pake mobil mewah (angkot saketi-menes) hehhehe tapi tidak apa-apa lah yang penting selamat sampai tujuan, Anggota kelompok kami bersiap-siap untuk berangkat. Ups ternyata saya lupa bahwa ada janji ketemuan sama DPL. DPL kami khusus untuk kelompok 30 yaitu IBU RATU dari FKIP. Alhamdulillah ternyata bukan IBU RATU dari fakultas sebelah yang sering Cek cok sama saya terkait metode pembelajaran yang ia pakai ikh TAKUUUUTT,, Ternyata. IBU RATU ini baik,, hehheheh Tapi gak pake perhatian,, Singkat cerita saya pun sudah ketemu dan ngobRol panjang dengan IBU DPL dan kami berangkat menuju LOKASI KKN..
Oke dakh thang yah bagi kel 30 atas kerja samanya....

Salam KKN 2014 UNMA Banten.....Merdekaaaaa

( Penulis Cerita : Abdul Rozak )

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes